Lompat ke isi utama

Berita

Kunjungan Ketua Bawaslu RI Bahas Persiapan Pengawasan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024

Surabaya. Dalam kunjungannya untuk persiapan Satuan Kerja Bawaslu Kota Surabaya pada Hari Jum’at (04/02) di Kantor Bawaslu Kota Surabaya yang dihadiri oleh Ketua dan Para Anggota beserta Kesekretariatan, Ketua Bawaslu RI, Abhan menyampaikan beberapa poin bahwa Bawaslu Kota Surabaya harus siap dalam menghadapi tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang rencana akan dilakukan tahun ini. Yang penting adalah melakukan evaluasi menyeluruh pada Pemilu dan Pemilihan sebelumnya yaitu pada tahun 2019 dan 2020 untuk memperbaiki kinerja dari sisi pencegahan, pengawasan dan penindakan.

Abhan juga menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas pada sisi Sumber Daya Manusia (SDM) sebelum memasuki tahapan Pemilu. Terutama dukungan dari sekretariatan untuk menunjang kerja-kerja para pimpinan, selain kerja-kerja pengadministrian keuangan juga harus terdapat fokus untuk mendukung Tupoksi Bawaslu, baik dalam hal pengawasan, penindakan dan penyelesaian sengketa. Misalnya, Sekretariat harus ada yang mampu menjadi Panitera atau penulis notulen proses adjudikasi penyelesaian sengketa.

Poin lainnya, Abhan juga menyampaikan:

“Persiapan Pengawasan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 dengan senantiasa menjaga integritas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas pengawasan”.

Yang terakhir, menurut Abhan bahwa dengan menimbang kompleksitas Kota Surabaya diharapkan Bawaslu Kota Surabaya harus mengoptimalkan kinerja dan solidaritas. Dan diharapkan juga Bawaslu Kota Surabaya harus mampu melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat.