Lompat ke isi utama

Berita

Tandatangani MoU, Bawaslu dan Banser Siap Bersinergi Awasi Pemilu 2024

Surabaya. Bertempat di Aula PCNU Kota Surabaya, hari ini Kamis (30/12/2021) dilakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bawaslu Kota Surabaya dengan Satkorcab Banser Kota Surabaya tentang Peran Masyarakat dalam Pengawasan Partisipatif.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Surabaya, M.Agil Akbar dan dua Komisioner lainnya yaitu Hidayat dan Lilies Pratiwining Setyarini beserta jajaran Keskretariatan Bawaslu Kota Surabaya. Dari Pihak Banser Surabaya juga hadir Ahmad Faruq selaku Kepala Satkorcab Banser Surabaya, dan Nasfa Uuth Akmadie selaku Sekretaris Satkorcab Banser Surabaya serta jajaran Pengurus Satkorcab Banser Surabaya lainnya.

Dalam sesi pembukaan, Ketua Bawaslu Kota Surabaya, M. Agil Akbar menyampaikan bahwa dengan adanya penandatanganan MoU ini diharapkan dengan konteks pendekatan pengawasan partisipatif yang telah dirumuskan oleh Bawaslu pada tahun 2019 terdapat 4 (empat) hal yang perlu ditekankan, yaitu Pertama, tidak melakukan keberpihakan yang menguntungkan pada peserta Pemilu atau merugikan Peserta Pemilu. Kedua, tidak mengganggu proses tahapan Penyelenggaraan Pemilu. Ketiga, bertujuan meningkatkan partisipasi politik masyarakat secara luas. Keempat, mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan Pemilu yang aman, damai, tertib dan lancar selaras dengan akses penyelenggaraan Pemilu yang LUBER JURDIL  serta demokratis.

"Penting bagi kami Bawaslu di tingkat Kabupaten/Kota untuk menggandeng semua elemen dan menjalin semua kepentingan dan ide-ide yang ada baik dari Bawaslu Kota Surabaya maupun dari Satkorcab Banser Kota Surabaya yang output-nya kita akan bisa mendesain bentuk pengawasan partisipatif yang benar-benar tepat sasaran kepada warga kota Surabaya yang cukup heterogen dengan pendekatan-pendekatan yang lebih humanis" ujarnya.

Kepala Satkorcab Banser Kota Surabaya, Ahmad Faruq, menyampaikan harapan bahwa pada gelaran Pemilu 2024 Banser Kota Surabaya siap bersinergi dan memberikan manfaat, dan mendukung apa yang menjadi visi dan misi dari Bawaslu Kota Surabaya untuk menciptakan Pemilu yang jujur dan adil.

"Kami sebagai warga Nahdliyin berharap kedepannya juga siap untuk mendukung semua yang menjadi program pemerintah, khususnya Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah. Kami juga berharap agar kolaborasi atau kerjasama ini juga dapat berjalan langgeng kedepannya" .