Lompat ke isi utama

Berita

Podcast dengan FH UNTAG, Usman ajak tolak Money Politic

Surabaya. Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Surabaya, Usman, hadir menjadi narasumber Podcast tindak pidana korupsi yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (FH UNTAG) dengan tema: “Money Politic Sebagai Cikal Bakal Lahirnya Calon Pemimpin Yang Korupsi” pada hari Rabu (15/06) bertempat di Taman Gedung I Pascasarjana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Dalam acara tersebut Usman mengatakan saat ini dalam Pemilu banyak masyarakat menjatuhkan pilihan berdasarkan kekuatan finansial, bukan lagi berdasarkan integritas dan visi-misi yang diusung peserta Pemilu. Usman berharap mahasiswa bisa berpartisipasi melakukan Pendidikan dan pemahaman politik kepada masyarakat bahwa politik uang itu dapat berimbas kepada kehidupan demokrasi di Indonesia.

Peran serta mahasiswa akan bisa mendorong masyarakat untuk menolak politik uang, tentu harus menggunakan pendekatan secara kultural. Harus ada keberanian mahasiswa untuk mengatakan menolak politik uang.

Usman berpesan agar mahasiswa mampu menjadi pengawal demokrasi. “Mahasiswa sebagai agent of change, guardian of value, iron stock, moral force, dan social control harus mampu menjadi pengawal demokrasi dengan berpatisipasi aktif awasi pemilu, sebagai bentuk partisipasi mahasiswa menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN” pungkasnya.