Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Surabaya Melakukan Media Visit Untuk Sosialisasikan Pengawasan Tahapan Pendaftaran dan Verifiasi Peserta Pemilu

Surabaya. Dalam rangka sosialisasi pengawasan tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu, Bawaslu Kota Surabaya melakukan media visit ke media-media yang ada kota Surabaya pada tanggal 4 Agustus 2022 dan 10 Agustus 2022. Ada 4 media yang dikunjungi dalam media visit kali ini yaitu Suara Surabaya dan Jawa Pos pada tanggal 4 Agustus kemudian melanjutkan kunjungan dengan RRI dan Kompas pada tanggal 10 Agustus 2022. Dalam kunjungan kali ini hadir Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Surabaya Hidayat beserta Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data Dan Informasi Lilies Pratiwining Setyarini dan disambut langsung oleh pimpinan redaksi masing-masing media.

Media visit ini dilakukan untuk mensosialisasikan tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu sesuai PKPU nomor 4 Tahun 2022 dan memberikan informasi kepada Masyarakat mengenai fungsi dan tugas pengawasan Bawaslu dalam tiap-tiap tahapan tersebut. Media sebagai wadah untuk sumber informasi dan pengetahuan bagi masyarakat sangat strategi untuk dapat membantu Bawaslu Kota Surabaya melakukan sosialisasi Tahapan Pemilu kepada masyarakat luas.

Media sebagai salah satu pilar demokrasi mempunyai peran sangat strategis sebagai penyampai informasi dengan sebenar-benarnya kepada Publik. Media dapat bergerak secara mandiri, independent, dan kredibel dalam melaporkan kepada masyarakat informasi terkait Kepemiluan,”Harapannya media dapat memberitakan dengan mengedepankan asas kebenaran, membantu mencegah berita hoax dan kampanye hitam kepada masyarakat luas.” Ungkap Hidayat.

Kordiv Hukum, Humas, Data Dan Informasi Lilies Pratiwining Setyarini berharap dengan adanya audiensi ke media dapat mengajak masyarakat luas untuk berpartispasi dalam pengawasan Pemilu  serentak tahun 2024. Diharapkan media juga dapat membantu fungsi pengawasan Pemilu serentak 2024 sesuai fungsi  media sebagai pengontrol dan pengawas tertentu. “Kita melakukan media visit untuk sosialisasi tahapan Pemilu, media memiliki cakupan yang luas untuk membantu mensosialisasikan ke publik.Harapannya cakupan sosialisasi ini meluas dan tepat sasaran untuk warga Kota Surabaya.” ujar Lilis.

Turut mendampingi dalam kegiatan audiensi ini Kasubbag Pengawasan dan Humas Indra Purnomo Kusuma beserta Kasubbag Penanganan Pelanggaran, Hukum dan Sengketa Aria Pratomi Adi Saputra.