Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jatim Selenggarakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Kepada Alumni SKPP dan Launching Gerakan Awasi Pemilu (GERWASLU)

Surabaya. Jumat (30/09) Bawaslu Provinsi Jawa Timur adakan sosialisasi Pengawasan Partisipatif Kepada Alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) dan Launching Gerakan Awasi Pemilu (GERWASLU).

Kegiatan launching dihadiri oleh Ketua Bawaslu Jatim Abdul Warits, Anggota Bawaslu Jatim Eka Rahmawati, Ketua Bawaslu Kabupaten Madiun Nur Anwar beserta anggota, serta alumni SKPP se-Jawa Timur dan diikuti oleh 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur secara daring. Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Surabaya Lilies Pratiwining Setyarini turut hadir dalam acara ini.

Acara launching dilanjutkan dengan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan pemateri Sigit Budiarto dari Bakesbangpol Kabupaten Madiun dan Bambang Heri Irwanto selaku Direktur TIMES Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur Abdul Warits menekankan terkait partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu. Warits mengatakan bahwa Bawaslu memiliki keterbatasan SDM pengawas Pemilu, oleh karena itu dibutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat yang salah satu penerapannya melalui SKPP.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur Eka Rahmawati menambahkan bahwa dengan adanya Gerwaslu turut menjaga pelaksanaan demokrasi di Indonesia sehingga kualitas proses Pemilu di Indonesia semakin meningkat.