Lompat ke isi utama

Berita

Kunjungi Kantor Bawaslu Kota Surabaya, SMP Al-Hikmah Tanamkan Arti Penting Pemilu dan Demokrasi Bagi Para Siswa

Kunjungan edukatif SMP Al-Hikmah Surabaya

Surabaya. Selasa, 9 Januari 2024 Bawaslu Kota Surabaya terima kunjungan SMP Al-Hikmah Surabaya. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para siswa tentang proses demokrasi dan kepemilihan umum.

Kegiatan diisi dengan sosialisasi dan audiensi oleh anggota Bawaslu Kota Surabaya, yakni Syafiudin selaku Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat serta Teguh Suasono Widodo selaku Kordiv SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan. 

Dalam proses aduensi para siswa diajak untuk memahami peran Bawaslu dalam memastikan jalannya proses demokrasi yang transparan, adil, dan jujur. Mereka juga diberikan penjelasan tentang struktur organisasi Bawaslu, tugas dan fungsi, serta peranannya dalam mengawasi pemilihan umum. Selain itu, para siswa juga diberikan informasi mengenai pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan umum sebagai bentuk dukungan terhadap demokrasi.

"Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan wawasan kepada siswa-siswi mengenai pentingnya peran masyarakat dalam mendukung keberlangsungan demokrasi di negara kita," ungkap Syafiudin.

Dengan berakhirnya kunjungan ini, para siswa-siswi SMP Al Hikmah Surabaya diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang membawa semangat demokrasi ke dalam lingkungan sekolah dan masyarakat tempat mereka berada. Serta dapat mempersiapkan mereka sebagai pengawas partisipatif mengawal jalannya pemilu yang damai dan tertib.