Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pemilu Serentak : 31 Panwascam Kota Surabaya lantik 8.167 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)

#

Surabaya. Minggu-Senin, 21 s.d 22 Januari 2024. Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 14 Februari mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh Pengawas Pemilu Kecamatan di Kota Surabaya, di antaranya, dengan melaksanakan pelantikan PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) Kota Surabaya. 

31 Pengawas Pemilu Kecamatan di Kota Surabaya melantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dengan total pengawas TPS sebanyak 8.167. Acara pelantikan ini ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan, Pengambilan Sumpah dan penandatanganan surat berita acara dan diakhiri dengan foto bersama.

Dengan keberadaan petugas Pengawas TPS nantinya diharapkan dapat dapat memahami prosedur pengawasan pemilu dan mampu membuat laporan pengawasan dalam bentuk Form A dan Form C serta memahami pengisian aplikasi SIWASLU. Kedepannya, PTPS akan membantu Panwaslu Kelurahan/desa dalam melakukan pengawasan di TPS baik pada tahapan sebelum, sedang, hingga tahap akhir pemungutan suara dan menjadi kekuatan bagi Panwas, dalam rangka memaksimalkan pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada pelaksanaan pemilu yang rawan terjadinya pelanggaran