Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Surabaya Gelat Rapat Koordinasi & Pelatihan Saksi Bagi Peserta Pemilu 2024 Tingkat Kota Surabaya dan Pembekalan Pelatihan PTPS untuk Panwascam se-Kota Surabaya

#

Surabaya. Rabu-Kamis, 31 Januari-1 Februari 2024. Sebagai upaya mensukseskan Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari mendatang diselenggarakan Rapat Koordinasi dan Pelatihan Saksi bagi Peserta Pemilu 2024 Tingkat Kota Surabaya dan Pembekalan Pelatihan PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) untuk Panwascam (Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan) se kota Surabaya. Rapat ini dihadiri oleh Partai Politik Peserta Pemilu 2024 dan seluruh ketua dan anggota Panwascam Se-Kota Surabaya, bertempat di Hotel Morazen Surabaya.

Kegiatan Rakor dibuka secara resmi oleh Novli Bernado Thyssen, S.H., selaku Ketua Bawaslu Kota Surabaya. “Menyambut pimpinan partai peserta pemilu 2024 yang hadir, pimpinan Panwascam se-Kota Surabaya, dalam hitungan 14 hari kedepan kita akan memasuki masa puncak dari seluruh proses masa tahapan pemilu 2024, puncak dalam bentuk pemungutan dan penghitungan suara, ungkapnya.

Novli juga menambahkan “Bawaslu kota Surabaya sudah menyelesaikan pelantikan 8.167 PTPS yang didahului dengan proses seleksi hingga terpilihlah 8.167, dalam prosesnya ada kecamatan yang melakukan perpanjangan rekrutmen PTPS, kami juga sudah melakukan pembekalan PTPS sesuai dengan kewenangan menjelang pemungutan suara.

Acara Rakor pada sore ini Bawaslu Kota Surabaya mengundang pimpinan Parpol dan Panwascam agar ada satu pemahaman yang sama terkait dengan aturan main regulasi yang berlaku pada saat penghitungan suara, posisi PTPS dan Saksi Parpol Peserta Pemilu. Terkait dengan peran dan tugas masing-masing antara PTPS dan Saksi Parpol terdapat pemahaman yang sama mengenai Undang-Undang. Salah satu tugas Bawaslu Kota Surabaya adalah memberikan TOT kepada Saksi Partai Politik, harapannya bapak ibu perwakilan Partai Politik dapat menularkan bimbingan yang kami berikan. Semoga kegiatan kita Bersama membangun komunikasi kesepahaman baik peserta maupun penyelenggara Pemilu”, tutup Novli pada sambutannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi dan diskusi bersama 2 (dua) narasumber yakni Naafilah Astri Swarist, S.Sos., M.IP dari KPU Kota Surabaya selaku narasumber materi pemungutan dan penghitungan suara serta Purnomo Satriyo Pringgodigdo, S.H., M.H selaku narasumber materi manajemen pengetahuan saksi Pemilu 2024.