Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Surabaya Hadiri Konsolidasi Nasional Evaluasi Kelembagaan

Konsolidasi Nasional Evaluasi Kelembagaan

Konsolidasi Nasional Evaluasi Kelembagaan di Jakarta

Jakarta, Sabtu, 20 April 2024Jelang pemilihan serentak 2024, Bawaslu RI gelar Kondosolidasi Nasional Evaluasi Kelembagaan dalam Pelaksanaan Pengawasan Pemilu Tahun 2024 dan Persiapan Pengawasan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota serentak tahun 2024 di Hotel Sultan, Jakarta. Terundang dalam kegiatan tersebut yakni seluruh komisioner dan perwakilan staf tingkat Provinsi dan tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia. Syafiudin, Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat didampingi staf, hadir selaku perwakilan Bawaslu Kota Surabaya dalam kegiatan dimaksud. 

Kegiatan dibuka langsung oleh Rahmat Bagja selaku Ketua Bawaslu RI. Ia menegaskan bahwa Bawaslu harus memiliki tekad untuk tetap eksis dari pemilu ke pemilihan serentak (Pilkada). Menurut Bagja, hal tersebut dapat dicapai jika dilakukan evaluasi pengawasan secara berjenjang, mulai dari Bawaslu Pusat hingga pengawas tingkat Ad Hoc. 

Herwyn J.H. Malonda (anggota Bawaslu RI) yang juga hadir dalam kegiatan dimaksud menambahkan, perlu adanya evaluasi tugas-tugas pengawasan menjelang Pemilihan serentak 2024 mendatang. Ia juga menegaskan perlunya menerapkan aturan hukum yang berlaku, terutama dalam melakukan penindakan dan pencegahan. 

Syafiudin (Anggota Bawaslu Kota Surabaya) juga menuturkan, kegiatan evaluasi ini sangat dibutuhkan guna memperbaiki hal-hal yang dianggap masih kurang selama melakukan proses pengawasan, pengawasan pemilu lalu adalah pembelajaran sekaligus proses evaluasi untuk pengawasan pemilihan serentak 2024 mendatang.

Syafiudin : “Melalui konsolnas ini kita jadi tau, dimana saja celah dan kekurangan proses pengawasan melalui pemilu kemarin, harapannya kami dari Bawaslu Kota Surabaya bisa lebih mantap mempersiapkan diri untuk menghadapi pemilihan serentak 2024 mendatang”.

Konsolidasi Nasional Evaluasi Kelembagaan

Penulis dan Editor : Humas Bawaslu Kota Surabaya