Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Surabaya Gelar Rapat Koordinasi Pemetaan Pelanggaran Tahapan Logistik Pemilu 2024

#

Surabaya. Bawaslu Kota Surabaya gelar rapat koordinasi pengawasan tahapan logistik pemilu 2024 melibatkan Ketua dan staf SDM Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan yang tersebar di Kota Surabaya bertempat di Hotel Harris Surabaya pada Kamis-Jumat, tanggal 30 November 2023 – 01 Desember 2023.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Plt. Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Novli Bernado Thyssen. “Kita sudah memasuki tahapan kampanye sejak tanggal 28 November 2023 kemarin, saya pesankan kepada semuanya untuk pahami regulasi, tingkatkan kualitas Individu dengan memahami regulasi, beberapa kali Bawaslu Kota Surabaya telah membuat Rakor terkait regulasi-regulasi, penuangan hasil pengawasan dalam Form A, penomoran surat dll”. Ungkapnya. Novli juga berpesan agar seluruh Panwaslu Kecamatan tetap menjaga solidaritas dan kekompakan antar anggota panwaslu kecamatan maupun Bawaslu Kota Surabaya dalam menghadapi situasi yang terjadi di lapangan dan juga berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan imunitas karena kerja Panwascam dituntut penuh selama 24 jam, tutupnya.

Rapat Koordinasi kali ini juga menghadirkan narasumber yakni Eko Sasmito yang merupakan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur periode 2014-2019. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan materi terkait logistik, “Logistik pada dasarnya tidak hanya terkait dengan barangnya seperti surat suara, kotak suara, dan sebagainya, tetapi juga berkaitan dengan mekanisme Pemilu. Eko sasmito juga menekankan bahwa pengadaan logistik merupakan pintu gerbang terjadinya kecurangan, sehingga harus dicermati betul-betul hingga tingkat bawah, termasuk surat suara, formulir C plano dsb.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mempersiapkan panwaslu kecamatan agar lebih optimal dalam mengawasi logistik yang  mana sangat rawan terjadi pelanggaran dan kecurangan.