Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Surabaya Gelar Rakernis Pengisian AKP Tahapan Pungsura dan Tungsura Pada Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kota Surabaya

#

Surabaya. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya menggelar Rakernis yang berlokasi di Grand Swiss-Belhotel Darmo Surabaya pada Jumat-Minggu, 2-4 Februari 2024. Rakernis dibagi menjadi 2 gelombang, yang di hadiri seluruh Panwascam dan PKD di wilayah Kota Surabaya. Rakernisini  bertujuan untuk menunjang kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) demi menunjang pengawasan penyelenggaraan pemilihan umum, terutama pada pengawasan Teknis Pengisian Alat Kerja Pengawasan (AKP) pada tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak tahun 2024.

“Komunikasi jajaran pengawas kecamatan dan pengawas kelurahan desa sudah bagus, tantangan kita saat ini memastikan PTPS memahami regulasi tentang kepemiluan. Bawaslu sudah menyampaikan anggaran bimtek untuk PTPS, tujuan diadakannya bimtek nantinya agar tidak ada miskom di tingkat Panwascam, PKD dan PTPS.” Ungkap Syafiudin selaku anggota Bawaslu pada sambutannya.

Teguh Suasono Widodo selaku anggota Bawaslu Kota Surabaya juga menambahkan “ditekankan kepada Panwascam maupun PKD untuk menanamkan profesionalitas, integritas, dan netralitas. Simulasi pengisian alat kerja hari ini diharapkan dapat sampai hingga ke PTPS. Panwascam juga wajib untuk melakukan Pelatihan saksi Parpol hingga di tingkat Kecamatan, sedangkan untuk logistik, dimohon untuk koordinasi dengan PPK masing-masing, permasalahan yang ada di TPS harap diselesaikan di Tingkat TPS.” Ungkapnya.

Untuk memastikan panwascam dan PKD paham teknis di lapangan, Bawaslu Surabaya juga mengundang KPU Surabaya untuk lakukan simulasi langsung. Melalui praktik langsung diharapkan Panwascam dan PKD memahami proses dan prosedur yang benar.