Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Surabaya Gelar Press Rilis Hasil Pengawasan

#

Surabaya. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya gelar press rilis dan undang 15 media. Kegiatan tersebut dilangsungkan di kantor Bawaslu Kota Surabaya. Didampingi anggota Bawaslu Surabaya, Novli selaku ketua menyampaikan hasil pengawasan Bawaslu Kota Surabaya periode 2023 akhir – 2024 awal. 

“Tugas kami mempertagunggjawabkan kinerja kepada publik terhadap apa saja yang sudah dilaksanakan dan yang sudah diproses oleh Bawaslu kota Surabaya”, ungkap Novli pada sambutannya.

Dalam paparannya Novli secara langsung menjelaskan dan menguraikan hasil pengawasan yang sudah dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Surabaya periode 2023 akhir dan 2024 awal. Dalam hal tersebut, Novli juga memaparkan hasil pengawasan Alat Peraga Kampanye (APK) bermasalah yang sudah ditindak oleh Panwascam bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya.

“Yang dilakukan dalam proses pengawasan APK, jajaran kami ditingkat panwaslu kecamatan melakukan fungsi pengawasan dengan melakukan pendataan terkait APK yang melanggar dalam penempatan, jika terbukti melakukan pelanggaran akan dikirimkan imbauan, 3x24 jam jika tidak ditertibkan mandiri dari pihak terkait, maka panwascam bersama satpol PP akan turun tangan”, jelas Novli dalam paparannya.

Novli juga menjelaskan terkait pelanggaran etik yang sudah ditindak oleh Bawaslu Kota Surabaya. “Terkait pelanggaran etik proses perekrutan Kecamatan, kita sudah tindak dan kita teruskan ke Bawaslu Provinsi, beberapa kasus lain yakni kelurahan yang memobilisasi calon Pengawas TPS sudah kami tindak dengan tegas dan kami berikan sanksi pemecatan”, imbuh Novli.

Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud transparansi dan laporan atas kinerja Bawaslu dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang jujur, adil, tertib dan kondusif.