Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Surabaya Ajak Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Pengawasan Partisipatif Melalui Kegiatan Kastra Fasilkom 2023

#

Surabaya. Pemilu 2024 sudah didepan mata, tahapan kampanye sedang dijalani, pelanggaran semakin rawan terjadi. Bawaslu Kota Surabaya selaku lembaga pengawas jalannya pemilu tentu memerlukan bantuan masyarakat untuk mengawasi. Maka dari itu, untuk mengoptimalkan pengawasan pemilu 2024, Bawaslu Kota Surabaya kunjungi Universitas Pembangunan Nasional, UPN “Veteran” Jawa Timur.

Syafiudin, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat berkesempatan menjadi narasumber dalam acara Kastra Fasilkom yang diadakan BEM Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur pada Rabu, 6 Desember 2023. Kegiatan ini mengusung tema  Membangun Masa Depan Bangsa dengan Peran Partisipatif Gen Z dalam Pengawasan Pemilu. Didampingi Singgih Manggalou, Dosen FISIP UPN Veteran sekaligus pemateri pada kegiatan tersebut, Syafiudin menjelaskan peran dan tugas Bawaslu, Udin juga tidak lupa mengajak peran serta mahasiswa yang hadir dalam kegiatan untuk bersama-sama mengawasi jalannya pemilu 2024 agar terlaksana sesuai aturan, tertib, jujur dan adil. 

“Bawaslu punya satu sistem, namanya pengawasan partisipatif, kita membutuhkan bantuan dari pihak luar baik mahasiswa atau organisasi untuk bersama-sama aktif mengawasi pemilu, sehingga potensi kecurangan bisa terdeteksi dan ditindaklanjuti”, ungkapnya.

“Saya mengajak setengah menantang teman-teman disini, berani atau tidak ikut mengawasi pelaksanaan pemilu yang adil dan tertib, jangan sekadar dialog, tapi ayo turun ke lapangan, Bawaslu siap memfasilitasi kegiatan tertentu yang bisa menunjang pengawasan partisipatif seperti terlibat pengawasan di TPS,”, imbuhnya.

Kegiatan ini sekaligus menunjukkan bahwa ASN dilingkungan Pendidikan yakni Dosen UPN “Veteran” Jawa Timur bersikap netral, sesuai dengan netralitas ASN, tidak berpihak pada kepentingan apapun dan siapapun. ”Saya harap dengan mengundang Bawaslu Kota Surabaya kesini, dapat memberikan wawasan politik kepada mahasiswa, meminimalisir tindakan anarki dan provokatif, karena mahasiswa paham ilmunya, paham konsekuensinya”, ungkap wadek 3 fasilkom UPN Veteran dalam sambutannya.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan disambut antusias oleh mahasiswa yang notabene merupakan generasi Z. Generasi Z memiliki ketertarikan teknologi dan keterhubungan sosial yang luar biasa, terutama dalam bahasan media sosial. Dengan adanya kegiatan ini besar harapan Gen Z dapat turut berkontibusi dan memanfaatkan keterbukaan mereka pada media sosial untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pemilihan umum, serta mengawal pemilu 2024 agar dapat berjalan dengan sukses, jujur dan adil.