Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Pendaftaran Pengawas TPS, Bawaslu Surabaya Lakukan Supervisi Ke-31 Kecamatan

Pendaftaran PTPS

Surabaya. Menjelang pemilu serentak 14 Februari 2024, Bawaslu mulai membuka lowongan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada tanggal 2 s.d 6 Januari 2024. Secara teknis tim seleksi Pengawas TPS ini sepenuhnya dibawah wewenang masing-masing Pengawas Kecamatan (Panwascam). 

Sejak hari pertama pendaftaran dibuka, sudah banyak pendaftar yang mengujungi dan menyerahkan berkas kelengkapan pendaftaran mereka kepada Panwaslu Kecamatan setempat. Pendaftaran ini dibuka mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 atau sesuai jam kerja, namun hal ini tidak berlaku untuk semua Kecamatan, karena beberapa Kecamatan lain menerapkan jam pendaftaran melebihi jam kerja, hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan jumlah pendaftar dan meminimalisir kemungkinan tidak terpenuhinya jumlah Pengawas TPS yang dibutuhkan diakhir pendaftaran. Seperti yang diketahui bahwa jumlah kebutuhan PTPS di wilayah Kota Surabaya sebanyak 8.167 Pengawas TPS.

Untuk memastikan pendaftaran dimasing-masing Panwaslu Kecamatan berjalan dengan tertib, lancar dan tanpa kendala. Bawaslu Kota Surabaya turun langsung ke masing-masing Panwaslu Kecamatan untuk mengawasi proses pendaftaran mulai hari pertama sampai dengan hari terakhir. 

Dengan adanya seleksi pengawas TPS sesuai dengan prosedur, diharapkan dapat mewujudkan pemilu serentak dimasing-masing wilayah kecamatan terlaksana tanpa adanya kecurangan.